12 AI yang Membantu Penulisan Cerita Kreatif (Novel, Komik, Dll) - Chapteria --> -->

12 AI yang Membantu Penulisan Cerita Kreatif (Novel, Komik, Dll)

ai-membantu-penulisan-cerita-kreatif-novel-komik-artikel-dll

Belakangan ini kami sering sekali membahas tentang AI, dari AI yang mampu membuat lirik sendiri, membuat karya seni, hingga AI yang bisa menjadi waifu/husbu sehingga bisa kamu ajak melakukan obrolan pesan.

pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kami ingin membahas tentang AI lagi, lebih tepatnya AI yang mampu membantu penggunanya dalam hal kepenulisan kreatif, terutama untuk membuat cerita seperti cerpen, novel, komik, artikel, dan masih banyak lagi.

Lantas, apa saja AI tersebut? Tanpa basa-basi lagi, langsung saja, berikut informasi terkait AI yang mampu membantu pengguna dalam penulisan cerita kreatif tersebut!

1. NovelAI

Pasti di antara kamu sudah tidak asing lagi dengan NovelAI. Selain memiliki Art generator yang cukup luar biasa bernama Novel AI Diffusion, novel AI juga menyediakan layanan untuk menulis cerita sendiri, di mana ketika kita sedang buntu untuk menulis kelanjutannya atau kalimat selnjutnya, NovelAI secara otomatis dapat meneruskan atau melanjutkan cerita yang sudah kamu tulis tersebut jika kamu menekan tombol generate yang telah disediakan.

Hasil generate kalimatnya pun juga bagus, cocok untuk kamu yang sedang menulis cerita dalam bahasa Inggris untuk novel, cerita komik, atau kebutuhan lainnya.

2. AI Dungeon

Mirip NovelAI, AI Dungeon adalah sebuah layanan yang dapat membantu menulis cerita interaktif dengan memprediksi tindakan dan dialog karakter berdasarkan input yang diberikan oleh pengguna.

AI Dungeon dikembangkan oleh sebuah tim yang terdiri dari Nathan Whitmore, Nick Walton, dan Joel Grus.

Kelebihan AI Dungeon:

  • Dapat membantu menulis cerita interaktif yang unik dan menyenangkan
  • Dapat memprediksi tindakan dan dialog karakter yang sesuai dengan konteks yang diberikan
  • Mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif
  • Gratis untuk digunakan
  • Dapat diakses melalui browser web atau aplikasi mobile

3. Dreamily

Dreamily merupakan layanan AI yang mampu membantu kamu dalam hal menulis cerita, dan mampu mengembangkan laju cerita jika kamu mengalami kebuntuan untuk menulis bagaimana cerita akan berjalan. Dreamily kurang lebih juga mirip seperti NovelAI dan AI Dungeon. Jadi, ini juga bisa jadi alternatif lain untukmu. Layanan AI ini juga dapat kamu gunakan melalui aplikasi yang dapat kamu unduh di Google Playstore.

4. HoloAI

HoloAI merupakan layanan AI yang memberi kamu banyak kemudahan dalam hal kepenulisan kreatif untuk cerita, entah itu novel, fanfic, dan lainnya. Layanan ini juga bisa kamu coba secara gratis.

Sama seperti halnya, Dreamily, NovelAI, AI Dungeon, HoloAI juga mampu kamu meneruskan cerita dari kalimat yang telah kamu buat jika kamu tiba-tiba sedang mengalami kebuntuan. Hasilnya pun juga cukup bagus.

5. KoboldAI

KoboldAI adalah front-end berbasis browser untuk penulisan yang dibantu AI dengan beberapa model AI lokal & jarak jauh. Ini menawarkan rangkaian alat standar, termasuk Memori, Catatan Penulis, Info Dunia, Simpan & Muat, pengaturan AI yang dapat disesuaikan, opsi pemformatan, dan kemampuan untuk mengimpor petualangan mirip seperti AI Dungeon. KoboldAI dapat digunakan secara gratis. Tetapi, cara untuk memulai menggunakannya terbilang tidak mudah untuk awam. Lebih lengkapnya kamu bisa baca sendiri caranya langsung di sini: KoboldAI-Client.

6. Wordsmith

Wordsmith adalah sebuah AI yang dapat membantu menulis konten marketing dengan membuat judul yang menarik dan menghasilkan teks yang sesuai dengan brief yang diberikan. Wordsmith dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Automated Insights. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 dan bermarkas di Durham, Carolina Utara. Selain Wordsmith, Automated Insights juga mengembangkan beberapa produk lainnya, seperti Quill Engage, Quill Connect, dan Quill Platform.

7. Grammarly

Grammarly merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan aplikasi pembetulan tata bahasa dan gaya penulisan bahasa Inggris.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 oleh Alex Shevchenko dan Max Lytvyn, dan bermarkas di San Francisco, California. 

Grammarly menyediakan layanan AI yang dapat membantu pengguna dengan pembetulan tata bahasa, gaya penulisan, dan ejaan dalam teks yang ditulisnya, baik melalui aplikasi desktop maupun aplikasi mobile.

Grammarly juga menyediakan layanan tata bahasa dan gaya penulisan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas konten yang dipublikasikan di situs web mereka.

8. Writesonic

Writesonic adalah platform penulisan dan pembuatan gambar AI dengan misi untuk memberdayakan semua orang di dunia untuk membuat segala bentuk konten 10X lebih cepat. Layanan di Writesonic juga menyediakan keperluan untuk menulis yang tentunya akan mempermudah kamu dalam hal menulis cerita hingga artikel untuk berita.

9. Rytr

Rytr adalah asisten penulisan AI yang dapat membantu kamu dalam hal membuat konten berkualitas tinggi, hanya dalam beberapa detik, dengan biaya yang lebih murah tapi juga berkualitas. Layanan ini juga menyediakan versi gratis yang bisa kamu coba.

10. Copy.AI

Copy.AI adalah sebuah AI yang dapat membantu menulis teks dengan cara menyarankan frase-frase dan kalimat yang sesuai dengan topik yang diberikan.

AI ini berguna bagi penulis yang ingin menyempurnakan teks yang telah ditulisnya atau mencari ide-ide baru untuk teks yang akan ditulis.

Copy.AI menyediakan berbagai macam fitur, seperti pembuatan judul yang menarik, pembuatan ringkasan, dan pembuatan daftar ide.

Fitur-fitur ini dapat membantu penulis dengan proses penulisan teks yang lebih cepat dan efisien. Copy.AI dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Copy.AI, Inc. Perusahaan ini bermarkas di San Francisco, California.

11. Jasper

Tak berbeda jauh dengan Copy.AI, Jasper adalah penulis AI dan pembuat seni AI yang memiliki ulasan yang cukup bagus. Cocok digunakan untuk kebutuhan dalam menulis artikel, dan lainnya.

12. Character.AI

Character.AI sebenarnya adalah layanan AI Chatbot. Namun layanan ini juga dapat membantu kamu dalam membuat cerita kreatif dimana kamu akan dibantu oleh AI dalam membuat cerita yang lebih hidup dan berperasaan.

Itulah beberapa layanan AI yang memberikan kemudahan dan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis cerita interaktif. Dari memperbaiki kesalahan kata hingga memprediksi laju cerita yang ada.

Perlu diingat bahwa hasil yang dihasilkan oleh beberapa AI di atas mungkin tidak selalu sempurna dan kamu sebagai manusia/penulis tetap memerlukan beberapa upaya berupa penyuntingan manual agar membuatnya menjadi semakin sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel