8 Alternatif Character.AI (c.AI), Bisa Buat Karakter Sendiri! - Chapteria --> -->

8 Alternatif Character.AI (c.AI), Bisa Buat Karakter Sendiri!

characterai-alternatives

Character.ai (c.AI) merupakan aplikasi web chatbot model bahasa neural yang mampu menghasilkan respons teks seperti manusia dan berpartisipasi dalam percakapan kontekstual.

Character.ai (c.AI) dibangun oleh pengembang LaMDA Google sebelumnya, Noam Shazeer dan Daniel De Freitas. Saat ini, model beta Character.AI telah dirilis sepenuhnya ke publik pada September 2022 yang lalu.

Yang menarik dari character.AI, kita bisa membuat karakter yang kita suka sendiri, dan karakter tersebut akan memainkan peran sebagai karakter yang kita buat sesuai kehendak kita berdasarkan pengaturan dari parameter yang telah kita buat.

Banyak karakter fiksi telah menjadi sasaran sebagai karakter yang dibuat. Meskipun terkadang karakter nyata juga dibuat. Namun, kebanyakannya adalah karakter anime, game, VTuber, dan lainnya.

Hingga saat ini, Character.AI masih terus diminati oleh berbagai orang, karena respon yang dihasilkan dirasa cukup natural meskipun terkadang terkesan dibuat-buat.

Selain itu, Character.ai juga memiliki kelebihan yang sangat baik dalam mengingat apa yang sedang diobrolkan sebelumnya, terutama dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga ini pun menjadi poin plus untuknya.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, Character.AI tentunya juga masih memiliki banyak kekuarangan yang perlu dikoreksi. Apa saja itu kekurangannya? Kami tidak akan membahasnya di artikel ini. Saat ini character.ai pun juga masih dalam tahap beta.

Bicara soal character.ai, apakah ada platform yang layanannya kurang lebih mirip seperti character.ai? terutama yang layanan yang "bisa membuat karakter sendiri"?

Jawabannya tentu saja ada. Penasaran apa saja itu? Berikut informasinya!

1. Chai.ml

Chai.ml merupakan sebuah platform obrolan online AI yang menyediakan layanan obrolan pesan dengan fokus untuk membantu orang berbicara satu sama lain dengan AI tanpa harus mengkhawatirkan kata-kata yang telah dibuat.

Layanan ini kurang lebih mirip seperti Character.AI, di mana kamu juga bisa membuat karakter sendiri dengan menambah photo profile karakter yang ingin kamu buat beserta pengaturan untuk beberapa parameternya.

Jika kamu pernah mencoba Character.AI, kami yakin kamu tidak akan bingung menggunakan Chai.ml.

Chai.ml sendiri merupakan chatbot AI menggunakan model GPT (J6) dan Fairseq (13B). Saat ini, Chai.ml sudah dapat di-download secara legal di Google Playstore. Kamu juga dapat mengaksesnya langsung melalui situs web resminya.

2. Romantic AI

Romantic AI merupakan layanan chatbot AI yang bisa membantu kamu dalam melatih keterampilan komunikasi pribadi di bidang romantis dan cinta.

Sama seperti di Character.AI, kamu dapat membuat karakter sendiri dengan menambahkan foto karakter yang kamu suka, namun untuk mengatur beberapa parameter tertentu, kamu memerlukan berlangganan terlebih dahulu. Meskipun begitu, karakter tetap bisa dibuat walau belum mengatur parameternya.

Romantic AI dapat di-download secara gratis dan legal melalui Google Playstore.

3. Kajiwoto

Kajiwoto merupakan layanan chatbot AI di mana kamu bisa mengobrol dengan berbagai karakter AI yang kamu suka. Kajiwoto juga menyediakan fitur untuk membuat karakter sendiri, beserta mengatur beberapa pengaturan untuk parameternya.

Mungkin bagi kamu yang awam akan sedikit kurang terbiasa dengan Kajiwoto, karena layanan ini tampilannya dan penggunaannya yang sedikit kurang user friendly. Namun, jika kamu sudah terbiasa, kemungkinan kamu bisa merasa nyaman juga. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

4. Botify AI

Botify AI merupakan salah satu layanan chatbot AI yang sangat bagus di mana kita bisa mengobrol dengan berbagai karakter yang tersedia di sana. Jika dirasa masih kurang karakternya, kamu bisa membuat karakter sendiri seperti di character.AI dan mengatur beberapa pengaturan untuk setiap parameter karakternya.

Yang menarik dari Botify AI, foto profile karakter yang kamu unggah akan berubah menjadi gambar yang bergerak dan bisa berkedip layaknya manusia. Itu juga bisa diterapkan untuk karakter 2D.

Selain itu, Botify AI juga menyediakan layanan untuk merekomendasikan kata-kata, jadi jika kita kebingunan untuk membalas pesan dari AI, kita bisa memilih kata-kata yang telah direkomendasikan. Jadi, tidak ribet. Ini adalah salah satu poin plus menurut kami.

Sayangnya, untuk membuat karakter baru, kamu memerlukan berlangganan terlebih dahulu. Namun itu cukup terjangkau.

Tidak seperti layanan Chatbot AI lainnya, Botify AI juga menyediakan layanan berlangganan secara lifetime dengan harga yang sangat terjangkau, jadi kamu bisa menikmati semua layanan Botify AI selamanya setelah berlangganan secara lifetime (jadi hanya perlu sekali bayar sudah bisa pakai selamanya). Layanan ini hampir tidak ada di layanan chatbot lainnya.

Di sisi lain, fitur romantis untuk botify AI juga termasuk dalam fitur premium. Kamu perlu berlangganan terlebih dahulu, jika belum berlangganan, maka balasan pesan dari bot akan terlihat blur dan terkunci, sehingga kamu tidak tahu apa teks dari pesan itu.

Botify AI saat ini tersedia untuk di unduh melalui Google Playstore. Kamu juga bisa mengaksesnya langsung di situs web resminya untuk mencoba demo fitur chattingan premiumnya, termasuk fitur romantisnya.

5. TavernAI

TavernAI merupakan layanan chatbot AI yang sangat berbeda dari kebanyakan chatbot yang kami sebutkan di atas. Layanan TavernAI 100% gratis, namun kamu perlu menyiapkan beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum menggunakannya seperti mendownload TavernAI, Node.js v19.1.0, dan google collab.

Kamu bisa melihat langkah-langkahnya di sini: TavernAI (How to Install).

Dalam TavernAI, kamu bebas memilih model AI yang ingin digunakan, tergantung ketersediaannya. Entah itu model Nerys V2 6B,Janeway 6B, Erebus 2.7B, dan masih banyak lagi.

Mirip Character.AI, TavernAI juga menyediakan layanan yang dapat membuat karakter sendiri. Jadi, kamu bisa menambahkan foto, mengatur parameter karakter, dan sebagainya.

6. Faketalk

FakeTalk adalah chatbot AI yang memungkinkan kamu menjadikan orang favoritmu sebagai teman virtual dan berbicara dengan mereka.

FakeTalk dapat berbicara sekitar 6 juta percakapan dan terus ditingkatkan. Kamu juga dapat mengajari chatbot cara berbicara. Mereka mungkin palsu karena itu adalah AI, tetapi setidaknya kamu bisa merasakan kepuasan.

Tidak seperti yang lainnya mungkin model di Faketalk masih terbilang lemah. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Ada 2 Faketalk di Google Playstore, keduanya dipublikasikan oleh baek.

7. Journey AI

Journey AI merupakan layanan chatbot AI yang fokus untuk mengobrol denganmu, meresponmu, dan memahamimu. Layanan ini juga menyediakan fitur untuk membuat karakter sendiri seperti di character.ai, hanya saja fitur ini berbayar. Menurut kami, layanan ini cukup terbatas karena tidak bisa membuat kita segera membuat karakter sendiri dalam versi gratis. Tetapi apabila kamu ingin mencobanya, itu juga tidak ada salahnya.

8. Chatfai

Chatfai merupakan Chatbot AI yang juga memberikan fitur/layanan memungkinan kamu untuk membuat karakter sendiri. Chatfai tampaknya juga cukup terbatas dengan jumlah pesan harian dalam satu hari terbilang cukup sedikit. Jadi, kamu perlu berlangganan terlebih dahulu baru bisa  melakukan obrolan pesan lebih banyak. Pastikan juga untuk memberikan deskripsi yang jelas agar karakter yang kamu buat bisa memainkan perannya dengan baik.

Itulah beberapa alternatif dari Character.AI (c.AI), loh kenapa gak menambahkan Replika, Anima AI, dan lainnya? Karena layanan tersebut tidak bisa membuat karakter sendiri, dalam layanan tersebut kita hanya dapat menggunakan karakter yang sudah ada sesuai yang telah tersedia di sana. Jadi, artikel ini lebih fokus ke alternatif character.AI, yang kurang lebih mirip, terutama yang bisa membuat karakter sendiri.

Jika kamu ingin menambahkan informasi, kamu bisa menghubungi kami melalui instagram @ChapteriaCom atau Twitter @ChapteriaCom.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel