Apa Itu ChatGPT OpenAI? Bagaimana Cara Menggunakannya, Apa Keuntungan & Kekurangannya? - Chapteria --> -->

Apa Itu ChatGPT OpenAI? Bagaimana Cara Menggunakannya, Apa Keuntungan & Kekurangannya?

chatgpt-open-ai

OpenAI adalah sebuah lembaga riset independen yang berfokus pada pengembangan teknologi intelligensi buatan (artificial intelligence atau AI). OpenAI didirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok investor dan pemrogram termasuk Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever, dan Wojciech Zaremba.

Tujuan utama OpenAI adalah untuk memahami dan mengembangkan teknologi AI yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum. Salah satu cara yang dilakukan OpenAI adalah dengan menyelenggarakan penelitian dan mengembangkan proyek-proyek yang berkaitan dengan AI, termasuk proyek yang berkaitan dengan pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami, dan optimisasi komputasi. OpenAI juga berkolaborasi dengan perusahaan dan organisasi lain untuk mengembangkan aplikasi AI yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya adalah ChatGPT.

Apa itu ChatGPT OpenAI?

ChatGPT adalah sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini dibuat dengan menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang disebut transformer, yang memungkinkan model untuk memahami dan memprediksi sekumpulan teks dengan cara yang mirip dengan cara seorang manusia memahami dan memprediksi teks.

ChatGPT dapat digunakan untuk membuat chatbot yang dapat memahami dan menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, serta memprediksi apa yang akan ditulis oleh pengguna selanjutnya dalam percakapan. ChatGPT juga dapat digunakan untuk menulis teks otomatis, memprediksi apa yang akan ditulis seorang penulis dalam sebuah artikel atau dokumen, atau menyelesaikan sekumpulan teks yang belum selesai.

Cara menggunakan ChatGPT OpenAI

Cara menggunakan ChatGPT OpenAI sangatlah mudah. Pertama, Anda perlu untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya. Adapun langkah-langkahnya:

1. Masuk ke chat.openai.com

2. Daftar dengan email. Anda bisa memilih menggunakan "login dengan akun gmail" atau melakukannya melalui "sign up" terlebih dahulu. Tapi, kami sarankan pilih login dengan email saja biar lebih cepat dan mudah.

3. Langkah Selanjutnya, isikan Nama. (Bebas).

4. Masukkan nomor hp untuk verifikasi. (Untuk awal-awal mendaftar ini sangat wajib guna verifikasi, setelahnya tidak perlu lagi, Anda hanya perlu memilih login saja menggunakan akun gmail, jadi sudah tidak perlu isi password lagi di kemudian hari).

5. Selesai. Anda bisa menanyakan pertanyaan apapun dalam kolom yang telah di sediakan. Kabar baiknya, AI ini mampu memahami bahasa Indonesia, dan pertanyaan Anda juga akan dijawab dengan bahasa tersebut.

Keuntungan menggunakan ChatGPT OpenAI

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan ChatGPT OpenAI, diantaranya:

1. Efisiensi waktu

ChatGPT dapat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang memakan waktu lama, seperti menulis teks otomatis atau memprediksi apa yang akan ditulis selanjutnya dalam sebuah artikel, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan mengerjakan hal-hal lain yang lebih penting.

2. Kemampuan memprediksi

ChatGPT dapat memprediksi apa yang akan ditulis selanjutnya dalam sebuah artikel atau dokumen, sehingga dapat membantu Anda menyelesaikan sekumpulan teks yang belum selesai dengan lebih cepat dan tepat.

3. Kemampuan memahami bahasa alami

ChatGPT dapat memahami pertanyaan yang diajukan oleh pengguna dan menanggapi dengan cara yang mirip dengan cara seorang manusia berbicara, sehingga dapat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain secara lebih efektif melalui obrolan pesan/chat. Kabar baiknya, ChatGPT OpenAI ini sudah support bahasa Indonesia.

4. Mudah digunakan

ChatGPT mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi atau sistem lain dengan mudah, sehingga dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai macam tugas dengan lebih cepat dan efisien.

Kekurangan ChatGPT OpenAI

ChatGPT adalah varian dari model bahasa GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang telah dioptimalkan untuk menghasilkan teks konversasi. Seperti model bahasa lainnya, ChatGPT memiliki beberapa keterbatasan.

Salah satu keterbatasan adalah bahwa ChatGPT hanya sebaik data yang digunakan untuk melatihnya. Ini berarti bahwa ia dapat menghasilkan tanggapan yang dipengaruhi, tidak akurat, atau tidak sesuai jika data yang digunakan untuk melatihnya mengandung tanggapan jenis ini.

Keterbatasan lain dari ChatGPT adalah bahwa ia tidak mampu memahami atau berpikir tentang dunia dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia. Ia hanya menghasilkan teks berdasarkan pola yang telah dipelajarinya dari data yang digunakan untuk melatihnya, dan ia mungkin tidak selalu menghasilkan tanggapan yang relevan atau koheren dalam konteks percakapan.

Selain itu, ChatGPT tidak mampu berinteraksi dengan dunia nyata atau mengakses informasi eksternal. Ia hanya dapat menghasilkan tanggapan berdasarkan input yang diberikannya, sehingga ia mungkin tidak dapat memberikan tanggapan yang akurat atau bermanfaat untuk pertanyaan yang membutuhkan pengetahuan atau informasi yang tidak dimilikinya.

Terakhir, ChatGPT, seperti semua model bahasa, rentan terhadap serangan adversarial, di mana seorang penyerang dapat memanipulasi input ke model dengan cara yang menyebabkan model menghasilkan tanggapan yang dipengaruhi atau jahat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel