Taishou Otome: Bukan Ibu Pertiwi, Inilah Lagu yang Dinyanyikan oleh Yuzu - Chapteria --> -->

Taishou Otome: Bukan Ibu Pertiwi, Inilah Lagu yang Dinyanyikan oleh Yuzu

Taishou Otome Otogibanashi atau dikenal juga dengan judul "Taisho Otome Fairy Tale" merupakan serial anime yang diproduksi oleh SynergySP, di mana telah memulai penayangannya secara perdana pada 9 Oktober 2021.

Semenjak penayangan perdananya tersebut, penggemar pun mulai bertanya-tanya setelah mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Tachibana Yuzuki (atau akrab dipanggil Yuzu) di Episode 1, yang ternyata mirip sekali dengan lagu patriotik Indonesia berjudul "Ibu Pertiwi", terutama dari segi lantunan nadanya dari awal hingga akhir. Lantas, benarkah demikian?

Faktanya adalah TIDAK. Lagu Ibu Pertiwi bukanlah referensi lagu yang dinyanyikan oleh Yuzu di anime Taishou Otome Otogibanashi. Lalu, apa judul referensi lagu yang dinyanyikan oleh Yuzu tersebut?

Lagu yang dinyanyikan oleh Yuzu adalah lagu berjudul "Hoshi no Yo", yang merupakan versi Jepang dengan perubahan lirik, makna, dan judul, dengan lantunan nada yang sama dari "What a Friend We Have in Jesus", sebuah himne Kristen yang aslinya ditulis oleh Joseph M. Scriven sebagai puisi pada tahun 1855 untuk menghibur ibunya, yang tinggal di Irlandia ketika dia berada di Kanada.

Lagu untuk himne itu disusun oleh Charles Crozat Converse pada tahun 1868. Himne ini juga memiliki banyak versi dengan lirik yang berbeda dalam berbagai bahasa. Rekaman pertama di dunia untuk lagu ini dilakukan oleh penyanyi Washington Phillips pada tahun 1928 dengan lagu berjudul "Jesus Is My Friend".

Pada tahun 1910 di Jepang, lagu himne mendapat perubahan lirik dan arti oleh Daisui Sugitani, dan dikenal dengan judul "Hoshi no Yo (World of Stars/Dunia Bintang)", yang juga dinyanyikan oleh Yuzu dalam anime Taishou Otome Otogibanashi.

Lagu Hoshi no Yo yang dibawakan ulang oleh Sabado Fiesta dapat penggemar dengar di bawah ini, liriknya sama persis dengan yang dinyanyikan Yuzu dalam Taishou Otome Otogibanashi:

Sementara itu, Ibu Pertiwi sendiri adalah lagu patriotik Indonesia populer yang walaupun sering kali disebutkan bahwa ditulis oleh Ismail Marzuki, namun ada pendapat yang menyatakan bahwa lagu tersebut disusun oleh komposer Kamsidi Samsuddin sekitar tahun 1908. Lirik lagu ini adalah tentang Ibu Pertiwi, yang merupakan personifikasi nasional dari Indonesia atau nusantara.

Jika dilihat dari tahunnya sendiri saja sudah berbeda, "What a Friend We Have in Jesus" sudah lama dibuat sebelum "Ibu Pertiwi" dibuat. Namun, di sini kami tidak akan membahas tentang plagiarisme atau apapun terkait hal itu.

Kami hanya menjelaskan tentang lagu yang dinyanyikan oleh Yuzu, yang ternyata referensi nadanya didasarkan dari lantunan lagu himne "What a Friend We Have in Jesus", dan di Jepang berjudul "Hoshi no Yo" dengan perubahan lirik, makna, dan judul.

Di beberapa negara, termasuk Jepang, tentunya lagu What a Friend We Have in Jesus ataupun Hoshi no Yo lebih dikenal karena merupakan himne Kristen yang sering dinyanyikan di sana.

Dalam cerita, lagu yang dinyanyikan oleh Yuzu bertajuk "Hoshi no Yo" digambarkan sebagai wujud harapan. Selain pernah dinyanyikan oleh Yuzu, ibunya Shima Tamahiko terungkap juga pernah menyanyikan lagu tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel