Apa Itu Key Visual Anime? Apa Kegunaannya? - Chapteria --> -->

Apa Itu Key Visual Anime? Apa Kegunaannya?

Seringkali, beberapa minggu atau bulan menjelang pemutaran perdana anime baru, akan ada video promosi serta apa itu yang disebut sebagai "key visual".

Kalian para otaku pastinya juga sudah tidak asing lagi terkait apa itu "Key visual" yang biasanya dibagikan oleh akun Twitter resmi maupun situs web resmi suatu anime.

Namun, bagi kalian yang belum tahu, dan bertanya-tanya terkait apa itu key visual dalam suatu anime, kalian tidak perlu khawatir karena di artikel ini kami akan membahasnya.

Lantas, apa sih sebenarnya itu key visual?

Menurut Anime News Network, "Key Visual" atau disebut sebagai "key art" di Amerika Serikat, adalah "gambar poster" promosi dengan resolusi tinggi yang digunakan untuk memasarkan pertunjukan.

Alasan mengapa Key visual biasanya diwajibkan dibuat dengan kualitas sangat tinggi, karena dimaksudkan untuk dicetak pada apa pun mulai dari kotak DVD hingga poster atau sekedar digunakan untuk keperluan digital.

Termasuk anime, key visual seringkali dikirim dalam bentuk file Photoshop yang sangat besar, lengkap dengan latar belakang, dan seringkali, setiap karakter dibuat dalam layer yang terpisah sehingga mereka dapat diatur ulang tergantung kebutuhan.

Faktanya, key visual hingga saat ini dibuat untuk hampir setiap film maupun acara TV, dan merupakan bagian standar dari paket materi yang harus dikirimkan oleh produsen mana pun kepada distributor setiap kali ada kesepakatan.

Selain untuk dicetak, key visual dalam keperluan digital biasanya digunakan untuk dijadikan sorotan utama yang mewakili judul suatu anime, terutama di situs streaming resmi.

Key visual di platform streaming resmi


Bukan hanya itu saja, key visual biasanya juga ditampilkan di situs web resmi suatu anime atau hanya untuk sekedar dibagikan ke media sosial bersamaan dengan informasi penting suatu anime mencakup tanggal rilis, atau lainnya.

Key visual di situs web resmi

key-visual-anime-situs-web-resmi

Key visual yang digunakan untuk promosi di media sosial

key-visual-anime-media-sosial-twitter

Yang jelas, key visual memiliki banyak peranan penting untuk mempromosikan atau mewakili suatu judul anime. Dan kegunaannya pun juga beraneka ragam tergantung kebutuhan.

Sumber: ANN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel