8 Rekomendasi Manhwa Mirip Solo Leveling, Seru Banget! - Chapteria --> -->

8 Rekomendasi Manhwa Mirip Solo Leveling, Seru Banget!

rekomendasi-komik-manhwa-mirip-solo-leveling

Solo Leveling merupakan manhwa yang dikerjakan oleh Jang Sung-rak (alias Dubu) dari Redice Studio, di mana memulai serialisasinya di Kakao Page sejak 4 Maret 2018.

Adaptasi manhwa/webtoon ini sendiri didasarkan dari cerita web novel Korea Selatan yang ditulis Chugong. Hingga saat ini, Solo Leveling pun masih terus diminati oleh para pembaca di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Solo Leveling berpusat pada Protagonis bernama Sung Jin-woo. Dia adalah Hunter rank-E terlemah dan hampir tidak lebih kuat dari manusia normal. Bahkan, saking lemahnya, dia dijuluki oleh rekan-rekan Hunternya sebagai "yang terlemah".

Namun, suatu hari, ketika dia melakukan raid di Dungeon bersama dengan yang lainnya, dia dan lainnya terjebak dalam penjara bawah tanah yang sangat berbahaya, dengan hanya sedikit orang saja yang bisa selamat dan berhasil melarikan diri. 

Sung Jin-woo yang berakhir sendiri hampir tidak bertahan, kemudian, dia merupakan satu-satunya yang menyelesaikan semua uji coba di penjara bawah tanah ini, dan pada akhirnya menjadi seorang "Player".

Dengan menjadi Player, dia dapat melihat antarmuka spesial yang menunjukkan kepadanya misi, statistik, inventaris, penyimpanan, dan level.

Seiring berjalannya cerita, Sung Jin-Woo yang awalnya diceritakan sebagai Hunter terlemah, kini akhirnya menjadi Hunter Terkuat di dunia.

Bisa dikatakan Solo Leveling merupakan manhwa yang paling banyak diminati, atau bahkan diketahui oleh para otaku. Oh ya, sesuai judul di artikel ini, kami akan memberikan 8 rekomendasi manhwa yang mirip Solo Leveling, yang mungkin kalian bakal suka! Apa saja itu? Berikut sederet judul manhwa tersebut!

1. I'm the Max-Level Newbie

solo-max-level-newbie-manhwa

I'm the Max-Level Newbie merupakan manhwa yang menceritakan tentang Jinhyuk, seorang Nutuber sekaligus orang pertama yang telah berhasil melihat akhir dari game Tower of Trials. Sebuah game yang dianggap terlalu absurd dan memiliki tingkat kesulitan yang tidak masuk akal.

Karena tingkat kesulitannya tersebut, popularitas dari game Tower of Trials mulai menurun. Bahkan, para player perlahan mulai meninggalkan game itu, dan hanya menyisakan beberapa profesional saja yang masih bertahan. Tak jarang, game tersebut dijuluki sebagai game sampah.

Karena Jinhyuk sudah melihat akhir dari game yang ia mainkan sampai selesai, yang bahkan belum pernah diselesaikan oleh siapapun, dia akhirnya mulai memutuskan untuk berhenti memainkan game tersebut karena sudah tahu akhirnya.

Tapi pada hari itu, ada sebuah update yang cukup misterius yang membuatnya sedikit penasaran, dan tak disangka-sangka, ketika update misterius tersebut selesai, Tower of Trials yang ia biasa mainkan, kini menjadi kenyataan!

Jinhyuk yang tahu tentang setiap hal dalam game yang tidak pernah diselesaikan oleh siapapun kecuali dirinya akhirnya mulai mengambil alih segalanya lebih cepat daripada yang bisa dilakukan siapapun! "Aku akan menunjukkan kepada kalian seperti apa profesional sejati itu"

Judul Resmi I'm the Max-Level Newbie
Judul Alternatif Solo Max-Level Newbie
Genre Action, Adventure, Fantasy, Game, RPG, Shounen.

2. The Advanced Player of the Tutorial Tower

the-tutorial-tower-of-the-advanced-player

Rekomendasi manhwa mirip Solo Leveling selanjutnya adalah The Advanced Player of the Tutorial Tower.

The Advanced Player of the Tutorial Tower merupakan manhwa yang menceritakan tentang kemunculan para monster raksasa dan tower megah menjulang tinggi secara bersamaan. Tower tersebut kemudian menghisap sebagain umat manusia secara berkala ke dalam tower tersebut untuk menjalani tutorial tower, di mana jika mereka mau keluar, mereka harus menyelesaikan semua lantai yang ada dalam tower.

Orang-orang yang terhisap ke dalam tower ini disebut sebagai Hunter, karena di dalam tower tersebut berkeliaran para monster yang cukup mematikan, tugas mereka saat ini adalah untuk melenyapkannya.

Manhwa ini berpusat pada karakter Hyeonwoo Kim, summoner pertama tutorial tower yang awalnya mendapat kutukan tower, yang membuatnya lebih lama menjalani tutorial tower dibanding dengan yang lainnya.

Setelah menyelesaikan pengulangan tutorial tower sebanyak 1350 kali, antarmuka spesial akhirnya menampilkan informasi yang membuatnya senang yaitu "pengulangan dihapus". yang mana berarti, penyelesaian tutorial ke-1351 selanjutnya akan membawanya membawanya keluar dari tower yang telah ia tinggali sejak lama.

Dia pun menyelesaikan tutorial ke-1351 dengan super cepat, dan akhirnya berhasil keluar setelah 12 tahun lamanya di dalam tower.

Judul Resmi The Advanced Player of the Tutorial Tower
Judul Alternatif The Tutorial Tower of the Advanced Player
Genre Action, Adventure, Fantasy

3. The Druid of Seoul Station

the-druid-of-seoul-station

Manhwa The Druid of Seoul Station menceritakan tentang Park Sooho yang kini telah kembali ke bumi setelah secara tak terduga terkirim ke dunia lain selama seribu tahun, di dunia yang dihuni oleh para binatang raksasa dan kuat tanpa adanya manusia kecuali dirinya.

Setelah kembalinya ke bumi, ia mendapati bahwa waktu ternyata berbeda. Seribu tahun yang dia tinggali di dunia para binatang raksasa dan kuat, ternyata hanya selisih beberapa tahun semenjak dirinya terkirim ke sana.

Sementara itu, bumi kini sudah berubah menjadi dunia tempat di mana orang yang kuat bisa bertahan hidup sebagai pemburu monster. Sebab itu, banyak guild yang didirikan manusia untuk melawan para monster, dan juga untuk mencari nafkah.

Park Sooho, yang berhasil selamat dalam seribu tahun datang untuk menaklukan dunia dengan kekuatannya yang luar biasa sebagai pemburu monster.

Judul Resmi The Druid of Seoul Station
Judul Alternatif Seoul Station Druid
Genre Action, Fantasy

4. Ranker Who Lives a Second Time

second-life-ranker

Manhwa Ranker Who Lives a Second Time atau dikenal dengan judul Second Life Ranker bercerita tentang Yeon-woo, seorang pria yang memiliki saudara kembar yang menghilang lima tahun lalu.

Suatu hari, arloji saku yang ditinggalkan oleh saudara kembarnya dikembalikan kepadanya. Di dalamnya, dia menemukan buku harian tersembunyi yang terekam, "Saat kau mendengar ini, kurasa aku mungkin sudah mati.."

Obelisk, Menara Dewa Matahari, dunia tempat beberapa alam semesta dan dimensi berada. Di dunia tersebut, saudara kembarnya telah menjadi korban pengkhianatan saat dia memanjat menara bersama dengan orang-orang yang dipercayainya.

Setelah mengetahui kebenaran tak terduga itu, Yeon-woo yang merasa kesal memutuskan untuk memanjat menara guna balas dendam, berbekal buku harian yang telah ditinggalkan oleh saudara kembarnya tersebut.

Yeon-woo kemudian memulai petualangannya di dimensi lain untuk menaklukan lantai setiap menara dan mengadapi perkelahian yang sama seperti yang dilakukan oleh saudara kembarnya.

Bebeda dengan adiknya yang tidak menyembunyikan identitas, Yeon-woo lebih memilih memasuki dunia itu dengan menjadi sebagai seorang pemain anonim yang memakai topeng. 

Tujuannya? Tentu untuk merahasiakan identitasnya dari orang-orang yang mengetahui wajah saudara kembarnya yang sangat mirip dengannya.

Dalam manhwa Ranker Who Lives a Second Time, kalian akan menjumpai beberapa elemen yang mirip seperti manhwa Solo Leveling, khususnya adalah Prajurit Bayangan (Shadow Soldiers).

Judul Alternatif Second Life Ranker, Ranker Who Lives A Second Time
Genre Action, Adventure, Fantasy

5. Omniscient Readers Viewpoint

omniscient-readers-viewpoint

Omniscient Readers Viewpoint (disingkat ORV) merupakan seri manhwa yang diproduksi oleh Redice Studio dan diterbitkan oleh Naver Webtoon, yang ceritanya didasarkan dari webnovel fiksi fantasi apokaliptik, yang ditulis oleh duo penulis Korea yang menulis dengan nama pena Sing Shong.

Omniscient Readers Viewpoint bercerita tentang seorang pembaca web novel "Three Ways to Survive in a Ruined World" bernama Kim Dokja. 

Tidak seperti yang lainnya yang hanya bertahan membaca sampai beberapa chapter, Kim Dokja adalah satu-satunya pembaca yang membaca web novel tersebut sampai ceritanya berakhir hingga 3000 chapter lebih.

Setelah menamatkan web novel itu, suatu tak terduga pun terjadi di dunianya, yang tiba-tiba berubah menjadi dunia yang persis seperti yang ada di dalam web novel. Semua orang pun panik bukan main.

Dunia nyata Kim Dokja yang penuh kedamaian, sekarang berubah menjadi dunia yang dipenuhi monster, dan orang-orang yang masih bertahan akan mendapat ujian berupa skenario untuk melaluinya.

Dengan sudut pandang sebagai pembaca yang telah menyelesaikan web novel yang kini menjadi nyata di dunianya, Kim Dokja melakukan perlawanan dengan membuat langkah-langkah luar biasa tak terduga yang tidak diketahui oleh lainnya, bahkan para monster dan karakter utama itu sendiri.

Judul Omniscient Readers Viewpoint, Omniscient Readers
Genre Action, Adventure, Fantasy

6. Tomb Raider King

tomb-raider-king

Manhwa Tomb Rider King bercerita tentang Makam Dewa yang mulai muncul di seluruh dunia. Karena peninggalan berupa relik di dalam makam ini, banyak orang mampu menggunakan kekuatan legendaris untuk diri mereka sendiri, sementara yang lain digunakan untuk memperbudak sebagian orang biasa yang tidak mampu menggunakannya.

Namun, seorang Tomb Raider muncul dengan tujuan untuk merampok relik tersebut. Raja Perampok Makam. Ini adalah kisah Tomb Raider yang dihidupkan kembali yang akan melakukan apa pun yang dia bisa untuk mengklaim semua makam dan relik untuk dirinya sendiri! "Kekuatan supranatural? peninggalan mitologi? Mereka hanya alat untuk balas dendamku!"

Judul Tomb Raider King
Genre Action, Adventure, Supernatural, Reincarnation, Fantasy

7. SSS-Class Revival Hunter

sss-class-revival-hunter

SSS-Class Revival Hunter bercerita tentang sebuah menara misterius yang tiba-tiba muncul di dunia yang damai. Dari sisi mana pun di bumi, menara tersebut sangatlah mencurigakan.

Ternyata, berbagai monster memenuhi tiap lantai yang ada di menara itu, dan orang yang masuk dalam menara itu akan mendapatkan skill yang beragam! Semua orang pun akhirnya berbondong-bondong untuk memburu para monster dan menjadi hunter kelas dunia.

Suatu hari, ada seorang hunter kelas F bernama Kim-Gong ja. Dia menonton TV yang memuat acara tentang hunter kelas S yang mampu membersihkan lantai menara sendirian. Selama menontonnya, dia berkeinginan untuk bisa punya skill Level S juga, karena dia merasa bahwa kelas F hunternya saat ini sangat tidak berguna. Dia pun tenggelam dalam keputusasaan. Namun, sebuah kartu emas dengan Skill Level S+ tak terduga muncul di depannya.

Dia pun membacanya kemampuan dari skill card yang ia dapat:

"[Aku Ingin Menjadi Sepertimu]

Peringkat: S+

Efek: Aktif otomatis setelah dibunuh musuh. Anda bisa mendupikasi salah satu skill milik musuh yang membunuh anda dan menjadikannya milik anda. Tidak bisa menduplikasi skill milik orang yang sudah pernah anda duplikasi. Skill yang diduplikasi dipilih secara acak.

Bagaimanapun juga, anda harus mati untuk mengatifkannya"

Judul Resmi SSS-Class Revival Hunter
Judul Alternatif SSS-Class Suicide Hunter
Genre Action, Fantasy, Supernatural

8. Beyond Max Level

limit-breaker

Beyond Max Level menceritakan tentang seorang pemuda bernama Kibong yang terjebak dalam ruang simulasi karena terjadi error yang tidak diketahui.

Tidak bisa keluar, Kim Kibong melampiaskan semua amarahnya kepada monster yang menjadi lawannya saat simulasi.

Setelah 3000 tahun di ruang simulasi (10 tahun di dunia nyata), Kibong akhirnya berhasil keluar dari ruang misterius itu dengan mencapai Max Level dan kembali ke dunianya yang kini dihuni oleh banyak monster. Dengan kekuatannya yang luar biasa sebagai player, Kibong berhasil menghajar para monster tersebut.

Judul Resmi Beyond Max Level
Judul Alternatif Limit Breaker
Genre Action, Fantasy, Adventure

Itulah 8 rekomendasi manhwa yang mirip dengan Solo Leveling. Kami sarankan kalian untuk membaca manhwa yang telah kami sebutkan di atas, karena selain jalan ceritanya menarik, Artstylenya dan pewarnaannya yang bagus, beberapa di antaranya memiliki kemiripan dengan manhwa populer Solo Leveling. Selamat membaca!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel