4 Perbedaan Mercenary Enrollment dan High School Soldier - Chapteria --> -->

4 Perbedaan Mercenary Enrollment dan High School Soldier

perbedaan-mercenary-enrollment-dan-high-school-soldier

High School Soldier atau dikenal juga dengan judul Mercenary Enrollment merupakan serial manhwa yang ditulis oleh YC, dan digambar oleh Rak Hyun. Seri manhwa ini rilis secara resmi di Naver Webtoon (Korea) sejak 7 November 2020, sementara di LINE Webtoon (Indonesia) sejak 16 Desember 2020. 

Perlu kalian ketahui, meski kedua judul ini menyuguhkan cerita yang sama, faktanya kedua ini memiliki sebuah perbedaan yang wajib penggemar tahu. Lantas, apa saja perbedaan itu?

1. Judulnya

Poin pertama ini sangat sepele, tetapi bagi kalian yang tidak mengetahuinya, kadang bisa saja keliru.

Faktanya, Mercenary Enrollment merupakan judul tidak resmi dari manhwa ini, sementara High School Soldier merupakan judul resminya.

Judul Mercenary Enrollment biasanya digunakan dalam terjemahan tidak resmi yang tersedia di beberapa situs baca komik ilegal.

2. Penamaan Tokoh

Jika kalian telah membaca terjemahan manhwa ini baik itu versi resmi (High School Soldier) maupun tidak resmi (Mercenary Enrollment), kalian akan menyadari bahwa penamaan tokohnya memiliki perbedaan.

Penamaan tokoh utama untuk karakter laki-laki dalam versi resmi (High School Soldier) adalah Yoo Leejin, sementara itu penamaan tokoh utama laki-laki dalam versi tidak resmi (Mercenary Enrollment) adalah Yu Ijin.

Perbedaan ini juga terjadi pada penamaan adik perempuannya, dalam versi resmi, adik perempuannya bernama Yoo Dayeon, sementara dalam versi tidak resminya adalah Yu Dayun.

3. Hasil Terjemahannya

Dari poin pertama dan kedua, pasti kalian dapat menarik kesimpulan bahwa baik itu versi resmi dan tidak resmi memiliki hasil terjemahan yang berbeda.

Berdasarkan pengalaman pribadi, menurut kami terjemahan resmilah yang paling enak untuk dibaca. Sementara terjemahan tidak resmi terkadang terkesan terburu-buru sehingga hasil terjemahannya agak kurang memuaskan.

4. Jumlah chapter

Hebatnya, jumlah chapter untuk Mercenary Enrollment (tidak resmi) totalnya sama dengan jumlah chapter rilisan resmi yang ada di Naver Webtoon (Korea). 

Setiap ada rilisan chapter terbaru di Naver Webtoon, terjemahan tidak resmi dengan judul Mercenary Enrollment akan menyusul selang satu atau dua hari. 

Sebagaimana contoh jika di Naver Webtoon chapter terbaru keluar pada hari Sabtu malam hari, maka terjemahan tidak resmi akan keluar besok paginya pada hari Minggu, tetapi terkadang juga bisa keluar pada hari Senin. Tergantung penerjemahnya. Bisa dikatakan terjemahan tidak resmi yang dilakukan oleh penggemar ini cukup rajin. 

Sementara itu, terjemahan resmi yang ada di LINE Webtoon (Indonesia) yang menggunakan judul High School Soldier sedikit mengalami ketertinggalan beberapa chapter. Kita doakan saja semoga bisa menyusul dengan jumlah chapter yang sama banyak sekaligus jadwal yang sama seperti di Naver Webtoon.

Itulah setidaknya beberapa perbedaan antara Mercenary Enrollment dan High School Soldier. Walaupun begitu, tetap saja keduanya menyuguhkan cerita sekaligus maksud yang sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel