Seorang Animator Populer Meninggalkan MAPPA dan Mengecam Kondisi Kerja yang Buruk - Chapteria --> -->

Seorang Animator Populer Meninggalkan MAPPA dan Mengecam Kondisi Kerja yang Buruk

animator-populer-keluar-dari-mappa-dan-mengecam-kondisi-kerja-yang-buruk

Dalam beberapa tahun terakhir, studio MAPPA semakin menonjol melalui setiap produksi baru, seperti Jujutsu Kaisen, Dororo, Zombieland Saga, dan lainnya. 

Namun, di antara itu semua, Attack on Titan: The Final Season merupakan salah satu anime yang diproduksi oleh MAPPA yang memberikan lompatan popularitas yang luar biasa, di mana ditayangkan perdana pada Desember 2020.

Minggu demi minggu, kebocoran tentang kondisi kerja yang buruk, jadwal yang hampir tidak mungkin dipenuhi, dan pelecehan terhadap pekerja menjadi masalah utama sehari-hari. Dan sementara beberapa membuat tagar #ThankYouMappa viral setelah setiap episode baru, beberapa menunjukkan bahwa ini tidak lebih dari "meromantisasi pelecehan terhadap pekerja." 

Dengan semua konteks ini, para penggemar prihatin dengan postingan terbaru MUSHIYO, seorang animator terkenal dari perusahaan ini:

"Saya benar-benar tidak mengerti mengapa saya bekerja sangat keras untuk masuk ke perusahaan ini. Saya tidak mengerti mengapa beberapa orang bahkan ingin bekerja di sini. Bekerja dari minggu ke minggu, ke minggu demi minggu, ke minggu demi minggu, ke minggu demi minggu, ke minggu demi minggu sampai keesokan harinya ? Itulah salah satu alasan saya berhenti."

Postingan tersebut menjadi semakin viral setelah pengguna Twitter @Dacsubs membuat postingan yang menyatakan bahwa "Para animator tidak "berhenti" dari MAPPA, beberapa baru saja menyelesaikan bagian mereka dan dipindahkan ke proyek mereka yang lain." Postingannya menulis:

"Bagian kedua dari AoT The Final Season telah diproduksi sejak bagian pertama ditayangkan, jadi secara alami orang yang sama tidak akan mengerjakannya, kecuali untuk tim utama. Jadi para animator tidak "berhenti" di MAPPA, mereka hanya menyelesaikan bagian mereka dan memulai proyek lain di sana . Beginilah cara kerjanya."

Pengguna mulai membombardir posting ini dengan komentar negatif, menunjukkan bahwa itu "membela perusahaan." Sebuah posting yang menonjol dari jenis ini dibuat oleh @AnimeAjay , yang menulis: 

"Ketika animator ini secara eksplisit menyebutkan di Twitter bahwa bergabung dengan MAPPA adalah sebuah kesalahan dan bahwa dia pergi karena kondisi kerja yang buruk… mereka jelas mengundurkan diri, bukan dipindahkan ke proyek lain. Mungkin Anda harus berhenti memutarbalikkan hal-hal hanya untuk mempertahankan seri yang Anda suka?".

Animator MUSHIYO melanjutkan di posting kedua: 

"Akan sempurna jika saya bisa melatih seseorang untuk menggantikan saya setelah saya pergi, tapi tentu saja, bahkan tidak ada waktu untuk itu ... Nah, ketika mereka meletakkan Anda harus mengerjakan empat proyek secara bersamaan Anda tidak punya waktu untuk apa-apa, bukan begitu?"

Akhirnya, beberapa ingin berpegang teguh pada gagasan bahwa MUSHIYO mengacu pada perusahaan dan bukan studio MAPPA, karena tidak pernah disebutkan. Namun, keraguan ini teratasi dalam balasan ke @SavageFangirl95, yang bertanya "Apakah Anda meninggalkan MAPPA? Di mana MUSHIYO menjawab, "Ya, saya melakukan kesalahan."

Sumber: Somos Kudasai, Twitter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel