Bilibili Mengakuisisi Emon Animation Company - Chapteria --> -->

Bilibili Mengakuisisi Emon Animation Company

bilibili-akuisisi-emon-animation-company

Platform streaming China bilibili mengumumkan minggu lalu bahwa mereka telah mengakuisisi sepenuhnya perusahaan animasi yang berbasis di Shanghai, Haoliners Cultures Media Co., Ltd., termasuk anak perusahaan Haoliners di Jepang, Emon Animation Company, pada 3 Februari 2021.

Emon sendiri didirikan sejak Oktober 2015, dan salah satu pendiri GONZO, Shouji Murahama, bekerja sebagai petugas operasional di perusahaan. 

Baca juga: Kontroversi Anime Mushoku Tensei Berlanjut, Beberapa Merek China Putuskan Hubungan dengan Bilibili

Studio ini telah bekerja sebagai studio animasi utama untuk judul-judul seperti A Centaur's Life, To Be Hero, Hitori no Shita - the outcast, Spiritpact, dan The Silver Guardian (dan untuk sekuel dari beberapa acara ini), dan telah membantu dalam proyek-proyek seperti Flavours of Youth, Attack on Titan, Ulysses: Jeanne d'Arc dan Alchemist Knight.

Emon sebelumnya membeli 51% saham mayoritas di studio animasi Artland pada 2016, tetapi Artland ditutup pada 2017, dan Emon akhirnya menjual saham mayoritasnya ke perusahaan yang berbasis di Tokyo, LEVELS.

Sementara itu, Perusahaan bilibili didirikan pada tahun 2009, dan merupakan platform streaming animasi Jepang terbesar di China, di atas TencentVideo dan iQIYI. 

Perusahaan ini streamingkan berbagai judul anime dan juga berinvestasi dalam produksi anime. Situs web ini juga mencakup animasi Cina dan konten yang diupload pengguna. Layanan ini mengumpulkan pendapatan iklan dan biaya langganan bayar-per-tayang.

Penerbit anime Amerika Funimation dan bilibili bersama-sama mengumumkan kemitraan untuk memperoleh lisensi anime pada Maret 2019. 

Untuk kemitraan tersebut, kedua perusahaan bersama-sama memperoleh lisensi "selama beberapa tahun ke depan", termasuk hak IP untuk siaran televisi, video-on-demand, elektronik jual-tayang, hiburan rumah, game, dan barang dagangan di Amerika Serikat dan China.

Tahun lalu, Sony Corporation of America membayar sekitar US $ 400 juta untuk membeli 17,3 juta saham bilibili atau 4,98% dari saham perusahaan China tersebut. 

Perusahaan berencana untuk berkolaborasi dalam proyek di pasar hiburan Tiongkok, termasuk animasi dan game seluler, setelah menandatangani kontrak bisnis mereka.

Baca juga: Tuai Kritik, Anime Mushoku Tensei Ditarik dari Bilibili

Sumber: ANN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel