4 Auto Rigging 3D Terbaik yang Bisa Kamu Coba! - Chapteria --> -->

4 Auto Rigging 3D Terbaik yang Bisa Kamu Coba!

auto-rigging-3d-terbaik

Rigging merupakan salah satu tahap penting dalam proses pembuatan animasi 3D, karena rig yang baik akan mempermudah proses animasi dan menghasilkan animasi yang lebih halus dan realistis.

Rig karakter adalah salah satu jenis rig yang paling sering digunakan dalam animasi 3D. Rig karakter terdiri dari sistem kontrol yang dapat mengontrol gerakan tangan, kaki, wajah, dan bagian tubuh lainnya pada karakter 3D. Dengan menggunakan rig karakter, animator dapat dengan mudah mengontrol gerakan karakter dan menambahkan ekspresi wajah pada karakter tersebut.

Namun kenyataannya, rigging bukanlah perkara yang mudah. Selain harus memahami benar penggunaan bones dan mesh, kita juga harus memahami betul tentang apa itu weight painting karena itu semua saling tertaut satu sama lainnya.

Dan untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, di antaranya adalah belajar membuat rig secara manual atau menggunakan layanan auto rigging yang tersedia secara online atau offline di software 3D.

Kebetulan, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi tentang 4 Auto Rigging 3D terbaik yang bisa kamu coba!

Tentunya auto rigging yang kami sebutkan di artikel ini sangat teramat akan membantu kamu dalam hal rigging dengan cepat dan tepat, sangat menghemat waktu. Langsung saja, berikut 4 Auto Rigging 3D tersebut!

1. Mixamo

mixamo-auto-rigging

Mixamo adalah layanan online favorit yang menyediakan fitur gratis auto rigging dan animasi karakter, sangat cocok untuk pemula dan mereka yang ingin menghemat waktu dan biaya. Mixamo dikembangkan oleh Adobe dan memungkinkan pengguna untuk membuat rig karakter dan animasi dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menulis script atau membuat sistem rig sendiri.

Untuk menggunakan Mixamo, pertama-tama kamu perlu membuat akun terlebih dahulu dan kemudian baru bisa mengunggah model karakter yang akan di-rig di sana. Kamu dapat memilih opsi auto rigging pada layanan Mixamo dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk membuat rig karakter. Mixamo juga menyediakan beragam template animasi gratis yang dapat digunakan untuk menambahkan gerakan pada karakter.

Sayangnya, Mixamo masih memiliki keterbatasan di mana layanan ini tidak termasuk rigging ekspresi wajah. Tetapi, ini sudah termasuk cukup, apalagi Mixamo gratis dan penggunaannya juga mudah. Jika dirasa karakter 3D yang sudah di-rigging sesuai dengan apa yang diharapkan, kamu juga bisa mengunduhnya dengan berbagai format, salah satunya adalah .fbx, dan kamu juga dapat membukanya di software open source Blender.

layanan online auto rigging Mixamo dapat kamu kunjungi di sini: Mixamo.

2. AccuRIG

accurig-auto-rigging-gratis

AccuRIG merupakan software auto rigging yang dikembangkan oleh Reallusion dan tersedia secara gratis. AccuRIG memungkinkan pengguna untuk membuat rig karakter dengan cepat dan mudah, sehingga dapat membantu dalam proses pembuatan animasi karakter. Layanan ini mungkin mirip dengan layanan online Mixamo, namun memiliki fitur dan ketepatan yang lebih baik. Kabar naiknya lagi, AccuRIG bisa digunakan secara offline, tanpa tertaut koneksi internet.

Jika kamu ingin mencoba menggunakan AccuRIG, kamu dapat mengunjungi situs resmi Reallusion sekaligus untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang software ini, adapun linknya: AccuRIG. Pastikan untuk membaca dokumentasi dan petunjuk yang disediakan secara cermat agar dapat menggunakan software ini dengan benar.

3. Rigify

rigify-blender-auto-rigging

Rigify adalah sebuah fitur/addon bawaan yang terdapat pada software open source Blender yang dapat digunakan untuk melakukan auto rigging 3D secara gratis.

Fitur Rigify dapat membantu dalam proses pembuatan rig karakter dengan cara menghasilkan sebuah rig sederhana yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Dengan menggunakan Rigify, kamu dapat membuat rig karakter dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menulis script atau membuat sistem rig sendiri. Rigify juga menyediakan banyak kontrol yang dapat digunakan untuk mengatur gerakan karakter, seperti kontrol tangan, kaki, dan wajah.

Sebelum memulai, pertama-tama pastinya kamu perlu membuat model karakter 3D yang akan di-rig terlebih dahulu atau jika sudah punya kamu dapat membuka/memasukkan model tersebut ke dalam software Blender.

Untuk mengaktifkan Rigify, masuk ke menu edit>preferences>ketikan rigify, lalu centang add on yang bertuliskan "Rigging: Rigify". Dalam object mode, shift+A, pilih armature, dan di sana kamu bisa memilih armature mana yang cocok untuk karakter 3D kamu.

Setelah 3D model sudah tertaut dengan armature yang kamu pilih, kamu bisa mengklik "Generate Rig" untuk membuat armature lebih mudah lagi untuk digunakan saat posing melalui "object data properties" yang ada pada deretan menu pojok kanan bawah jika dalam tampilan default. Untuk penjelasan lebih detailnya kamu bisa cek sendiri tutorialnya di Youtube. Untuk mendownload software open source Blender, kamu bisa mengunjungi langsung situs web resminya di sini, gratis dan legal: Blender 3D. (Pastikan untuk mengunduh versi yang sesuai dengan spesifikasi laptop/pc kamu, ya.).

4 Auto-Rig Pro

auto-rig-pro

Auto-Rig Pro adalah addon berbayar yang support untuk software Blender yang dapat digunakan untuk melakukan auto rigging 3D dengan sangat cepat dan mudah. Auto-Rig Pro diklaim sebagai addon auto rigging 3D terbaik untuk Blender saat ini karena memiliki banyak kemudahan dan kemewahan fitur yang ditawarkan, sangat hemat waktu. Meskipun addon ini berbayar, Auto-Rig Pro faktanya tetap memiliki peminat yang tidak kalah banyak dengan peminat Rigify.

Sekali lagi, Auto-Rig Pro sayangnya bukanlah addon bawaan dari Blender alias addon external yang berbayar, sehingga kamu perlu membeli dan mengunduhnya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya. Apakah Addon ini aman? Ya! Addon ini aman dan saat ini dijual di situs resmi Blender Market.

Untuk bisa mendapatkan Auto-Rig Pro, yang perlu kamu siapkan adalah uang, dan untuk fitur dan tutorialnya kamu bisa melihat & membacanya secara langsung di Blender Market mengingat di sana sudah dijelaskan secara detail. Adapun linknya sebagai berikut: Auto-Rig Pro (Blender Market). Kabar baiknya, untuk kamu yang telah membeli Auto-Rig Pro sebelumnya, kamu juga akan bisa mendapat update gratis jika addon tersebut diperbarui. Cukup menggiurkan, bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel