Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua [LENGKAP] - Chapteria --> -->

Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua [LENGKAP]

Pasti di antara kalian pernah bertanya-tanya terkait apa sih perbedaan dari Manga, Manhwa, dan Manhua.

Meskipun ketiga sama dapat disebut sebagai komik pada umumnya, namun, penyebutan yang lebih spesifik lebih baik dan diperlukan karena bisa menegaskan dari mana komik tersebut berasal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang perbedaan antara Manga, Manhwa dan Manhua lengkap beserta contohnya.

Untuk kalian yang sudah tahu, tidak ada salahnya juga untuk menyimaknya. Langsung saja, berikut perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua!

Daftar isi

1. Manga

apa-itu-manga

Manga merupakan penyebutan komik yang dibuat & berasal dari Jepang. Jadi, komik Jepang di sana disebut dengan sebutan Manga, sedangkan pembuatnya disebut sebagai seorang Mangaka.

Meskipun ada beberapa bagian halaman yang memiliki warna, sebagian besar konten manga lebih dominan warna hitam putih, dan itu sudah menjadi ciri khas tersendiri.

Cara Membaca Manga

Cara membaca Manga berbeda dengan cara membaca Manhwa dan Manhua. Manga dapat dibaca dari kanan ke kiri, lebih tepatnya dari kanan atas ke kiri atas, menurun ke kanan tengah ke kiri tengah, kemudian ke kanan bawah ke kiri bawah.

Terkait Perilisan Manga

Manga biasanya rilis dalam bentuk series & one-shot baik itu perilisan fisik di majalah maupun perilisan secara digital. Lebih detailnya:

Manga Series

Beberapa judul manga series yang mendapat serialisasi di majalah biasanya akan rilis per chapter antara seminggu sekali atau sebulan sekali tergantung tempat serialisasinya. (Bisa mencakup digital juga).

Setelah serialisasi mencapai target beberapa chapter yang telah dirilis, maka dibuatlah versi perilisan per volume alias manga yang berisi beberapa chapter yang dirilis dalam bentuk volume.

Biasanya chapter yang dirilis dalam perilisan per volume ini memiliki sedikit perbedaan dengan versi yang diserialisasikan, bisa dikatakan jika ada kesalahan dalam serialisasi, terutama untuk gambar tertentu yang dianggap salah atau kurang, maka perbaikannya dapat kalian lihat dalam versi perilisan per volume-nya.

Ini mirip seperti perbedaan anime yang dirilis dalam bentuk TV Series dan BD (Blu-ray Disc). Jika kesalahan terlihat dalam bentuk TV Series, perbaikannya bisa dilihat dalam versi perilisan BD (Blu-ray Disc).

Contoh Manga Series

  • One Piece
  • Naruto Shippuden
  • Bleach
  • Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
  • Jujutsu Kaisen
  • My Hero Academia
  • Attack on Titan

dan masih banyak lagi.

Manga One-shot

Manga One-shot adalah sebuah karya yang terdiri dari satu edisi atau chapter yang dapat berdiri sendiri. Manga one-shot bisa rilis secara fisik di majalah maupun dalam bentuk digital.

Meskipun hanya rilis 1 chapter dan selesai begitu saja, tidak menutup kemungkinan manga one-shot suatu saat bisa mendapatkan serialisasi.

Contoh Manga One-shot

  • Goodbye Eri
  • Ruri Dragon (dulu one-shot, sekarang mendapat serialisasi)
  • Look Back
  • 5Toubun no Hanayome (dulu one-shot, sekarang mendapat serialisasi)
  • Amagami-san Chi no Enmusubi (dulu one-shot, sekarang mendapat serialisasi)

dan masih banyak lagi.

2. Manhwa

apa-itu-manhwa

Manhwa merupakan komik yang dibuat & berasal dari Korea. Jika pencipta karya manga disebut sebagai mangaka, pencipta manhwa bisa disebut sebagai manhwaga.

Faktanya, manhwa tidak kalah populer dibanding dengan manga. Saat ini manhwa juga telah menjadi komik yang paling banyak diminati oleh sebagian besar pembaca di dunia, termasuk Indonesia.

Banyak judul manga telah tersedia secara resmi dengan terjemahan bahasa Indonesia di beberapa platform, di antaranya meliputi LINE Webtoon dan KAKAO Webtoon.

Jika manga kontennya kebanyakan hitam putih, manhwa kontennya semua berwarna. Manhwa biasanya dirilis per chapter setiap minggunya secara digital dalam beberapa platform resmi.

Contoh manhwa

  • Solo Leveling
  • Tower of God
  • Leveling with the Gods
  • Noblesse
  • The God of High School
  • Study Group

dan masih banyak lagi.

Beberapa judul di atas hanyalah contoh kecil saja, kalian bisa mencari judul Manhwa lainnya sendiri sesuai genre dan selera kalian di Internet.

Cara Membaca Manhwa

Cara membaca Manhwa yang baik dan benar adalah dari kiri ke kanan. Lebih tepatnya dari kiri atas ke kanan atas, kiri tengah ke kanan tengah, dan kiri bawah ke kanan bawah.

3. Manhua

apa-itu-manhua

Manhua merupakan penyebutan komik yang dibuat & berasal dari China. Manhua juga tidak kalah populer dibanding dengan Manga dan Manhua.

Sama seperti Manhwa, beberapa judul Manhua biasanya lebih banyak diserialisasikan atau dirilis secara digital di beberapa platform tertentu.

Contoh Manhua

  • Da Wang Rao Ming (Spare Me, Great Lord!)
  • Worlds' Apocalypse Online
  • The Immortal Emperor Luo Wuji Has Returned

dan masih banyak lagi.

Beberapa judul di atas hanyalah contoh kecil saja, kalian bisa mencari judul Manhua lainnya sendiri sesuai genre dan selera kalian di Internet.

Cara Membaca Manhua

Cara membaca Manhua hampir sama dengan membaca Manhwa, yakni dari kiri ke kanan. Lebih tepatnya dari kiri atas ke kanan atas, kiri tengah ke kanan tengah, dan kiri bawah ke kanan bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel