Penayangan Tawawa on Monday Tuai Kontroversi di Indonesia - Chapteria --> -->

Penayangan Tawawa on Monday Tuai Kontroversi di Indonesia

tawawa-on-monday-season-2-tuai-kontroversi-di-indonesia

Pada hari Senin (20/9/2021) Muse Indonesia secara resmi telah mulai menayangkan Season 2 dari adaptasi anime Tawawa on Monday atau dikenal juga dengan judul Getsuyoubi no Tawawa melalui channel Youtubenya.

Dalam penayangannya di Muse Indonesia, anime ini memiliki judul alternatif lain yakni "Towewew di Hari Senin S2", dan sempat menjadi kontroversi di antara kalangan penggemar karena dianggap terlalu memuat konten dewasa dan bisa saja dapat dilihat oleh anak-anak di bawah umur dengan sengaja memalsukan usia agar dapat melewati batasan usia (Age-restricted).

Setelah penayangan episode 1, anime ini juga sempat mendapat respon negatif yang cukup parah dari sebagian penggemar sehingga membuat video yang baru saja dirilis beberapa jam di Muse Indonesia, akhirnya hilang secara misterius pada hari yang sama.

Melalui pengumuman yang disampaikan di halaman Facebook resminya, Muse Indonesia juga telah buka suara terkait hilangnya video episode pertama dari anime Towewew di Hari Senin S2 tersebut:

⚠️Pengumuman penting terkait anime Getsuyobi no Tawawa⚠️

Halo, Teman-teman semua! 

Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu soal ini, tapi agar persoalannya lebih jelas, biar kami informasikan kembali. 

Jadi, penayangan anime Getsuyobi no Tawawa di Muse Indonesia harus dihentikan sementara karena adanya report-abuse dari oknum-oknum tertentu. 

Penayangan Tawawa di kanal YouTube Muse cabang negara lain masih aman-aman saja. Buat kalian yang tidak masalah dengan takarir Inggris, silakan lanjut menonton di Muse Asia.

Untuk penayangannya di Indonesia, sedang kami usahakan dan cari solusi terbaiknya.

Tapi tolong diingat, anime ini sudah kami beri batasan umur 18 tahun ke atas. Harap menonton dengan bijaksana.

Sesuai yang telah disampaikan di atas, penayangan anime Towewew di Hari Senin S2 terpaksa harus dihentikan sementara karena adanya report-abuse dari oknum-oknum tertentu.

Karena permasalahan ini, Muse Indonesia merekomendasikan untuk menonton penayangan anime tersebut di channel Youtube Muse Asia dengan takarir bahasa Inggris.

Muse Indonesia juga menambahkan bahwa mereka akan mengusahakan untuk mencari solusi terbaik agar anime ini tetap bisa ditayangkan di Indonesia, sekaligus meminta para penggemar lebih bijaksana untuk mematuhi batasan umur yang ada.

Meski begitu, sebagian dari penggemar masih tetap merasa bahwa Muse Indonesia kurang bijaksana karena telah menayangkan anime ini di channel Youtubenya, di mana anak-anak bisa bebas menontonnya dengan memalsukan usia dan menembus age restricted yang ada mengingat kebanyakan sangat jarang mematuhi aturan dan jauh dari pantauan orang tua.

Akses di Muse Indonesia pun juga terlalu mudah, terlebih lagi, kontennya juga memuat takarir Indonesia yang sangat dipahami oleh anak di bawah umur. Untuk Muse Asia sendiri, ada kemungkinan anak di bawah umur tidak akan mengakses ke sana, karena memuat takarir bahasa Inggris, yang jarang artinya dimengerti oleh anak.

Para penggemar pun memberi saran bahwa sebaiknya anime tersebut yang memuat takarir Indonesia ditaruh di platform lain selain Youtube, seperti iQIYI, Viu, Catchplay, Bilibili dan lainnya karena kebanyakan anak kecil di bawah umur juga jarang mengakses ke sana.

Yang jelas, pro dan kontra masih terlihat jelas di kolom komentar pengumuman Muse Indonesia, ada yang mengkritik Muse Indonesia dan ada yang membela sekaligus menyalahkan orang tua karena dianggap tidak memantau anaknya dengan baik. Bahkan, mengabaikan Age Restricted.

UPDATE: Saat ini Towewew di Hari Senin S2 telah muncul kembali di channel Youtube Muse Indonesia pada hari Selasa (21/9/2021).

Sumber: Muse Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel